IPB Badge

Bakteri  adalah mikroorganisme sederhana yang biasanya hanya terdiri atas sel prokariot tunggal. Beberapa spesies bakteri merupakan penyebab timbulnya penyakit pada manusia, hewan,  serta pada tumbuhan. Banyak diantaranya merupakan pathovar, yaitu strain yang hanya berbeda dalam spesies tumbuhan yang diinfeksinya. Bakteri yang bersifat saprofit fakultatif merupakan bakteri yang bersifat patogenik. Bakteri tersebut dapat tumbuh dalam biakan buatan. Media buatan yang sering digunakan pada proses isolasi untuk mendapatkan biakan murni. Biakan murni adalah biakan yang sel-selnya berasal dari pembelahan satu sel  tunggal. Biakan murni sangat diperlukan untuk mempermudah dalam proses identifikasi mikroorganisme tersebut. Metode ini sering juga disebut dengan Uji Postulat Koch.

Uji Postulat Koch merupakan proses yang dilakukan untuk mengetahui kepastian suatu penyebab suatu penyakit. Uji  ini  terdiri atas beberapa proses, meliputi isolasi yaitu suatu proses  untuk mendapat biakan murni, inokulasi, dan penanaman biakan murni pada tanaman sehat dan dilanjutkan dengan proses reisolasi kembali. Jika hasil yang didapat setelah proses reisolasi dilakukan sama dengan hasil isolasi awal, itu menunjukkan bahwa penyebab penyakit tersebut berasal dari mikroorganisme yang ditunjukkan.  Selain itu gejala yang ditimbulkan harus sama dengan gejala tanaman sakit yang pertama kali diujikan.

Postulat Koch berkembang pada abad ke-19 sebagai panduan umum untuk mengidentifikasi patogen yang dapat diisolasikan dengan teknik tertentu. Walaupun dalam masa Koch, dikenal beberapa penyebab infektif yang memang bertanggung jawab pada suatu penyakit dan tidak memenuhi semua postulatnya. Usaha untuk menjalankan postulat Koch semakin kuat saat mendiagnosis penyakit yang disebabkan virus pada akhir abad ke-19. Pada masa itu virus belum dapat dilihan atau diisolasi dalam kultur. Kini, beberapa penyebab infektif diterima sebagai penyebab penyakit walaupun tidak memenuhi semua isi postulat. Oleh karena itu, dalam penegakkan diagnosis mikrobiologis tidak diperlukan pemenuhan keseluruhan postulat.

Comments are closed.